Senin, 11 Juni 2012

PANCASILA ADALAH IDEOLOGI TERBAIK DI DUNIA YANG MENJADI KEMBAGAAN NEGARA KITA YANG HARUS KITA JAGA .


PANCASILA ADALAH IDEOLOGI TERBAIK DI DUNIA YANG MENJADI KEMBAGAAN NEGARA KITA YANG HARUS KITA JAGA .
1.Pancasila  merupakan pandangan hidup dan dasar negara indonesia
-Bagai mana seharusnya penerapan  nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat ,
-“masyarakat indonesia masih sulit dalam menerapkan nilai –nilai pancasila secara universal”
Setujukah anda dengan pernyatan tersebut ,jika setuju permasalahan – permasalan apa sajakah sehingga negara indonesia masih sulit dalam menerapkan nilai – nilai pancasila ,lengkapi dengan contoh ,
Pancasila sebagai nilai universal mau tak mau harus mampu diejawantahkan. Tapi, mungkin inilah juga kelemahan dari apa yang universal. Dalam kehidupan kita, justru nilai universallah yang paling sulit untuk diterapkan. Mengapa masih ada kelaparan jika kita percaya bahwa manusia itu punya hak untuk hidup, Apa sebab rumah ibadah kelompok minoritas dirusak padahal tahu hak berkeyakinan itu paling asasi.Itulah yang belum mampu kita tuntaskan dalam negeri tercinta ini.
Oleh karena itu, Pancasila tidak pantas di indoktrinasi ala rezim terdahulu. Pancasila yang universal itu menjadi rendah nilainya apabila menjadi dogma yang harus ditafsirkan oleh sekelompok para pengajar. Sesungguhnya, nilai-nilai universal itu sudah kita datapkan dari ajaran agama manapun. Mungkin, bukan Pancasila yang ditinggalkan oleh bangsa ini. Pancasila hanyalah penamaan dari nilai universal terlepas dari ada kata “Indonesia” dalam dua sila. Dengan begitu, Pancasila yang katanya kita tinggalkan adalah wujud dari abainya bangsa ini pada nilai-nilai universasal itu. Siapapun, dari pemerintah hingga orang kecil,
 yang dalam hidupnya lebih menaruh perhatian pada kelompoknya, partainya, atau dirinya sendiri secara tidak langsung meninggalkan Pancasila.
Saya pikir, kembali pada Pancasila bukanlah dengan cuap-cuap di gedung MPR sana. Pengamalan pada Pancasila adalah dalam praktek, bukan slogan.
Tanpa menyebut Pancasila pun seorang itu sudah Pancasilais apabila ia sudah menerapkan nilai-nilai universal yang bersumber dari manapun dengan sepenuh hati.
.
2. bagaimana danpak  gelobalisasi terhadap rasa nasionalisme bangsa indonesia ,dan petakan bagaimana dan apa yaang harus di lakukan sehinga hal itu dapat di atasi ,
Saya akan memaparkan danpak globalisasi dari berbagai asapek yang mana globalisasi mampu melunturkan nlai dan rasa nasionalisme berikut pemaparanya :
1. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang
2. Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
3. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
4. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
5. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.
Pengaruh- pengaruh di atas memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap nasionalisme. Akan tetapi secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau hilang. Sebab globalisasi mampu membuka cakrawala masyarakat secara global. Apa yang di luar negeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kita untuk diterapkan di negara kita. Jika terjadi maka akan menimbulkan dilematis. Bila dipenuhi belum tentu sesuai di Indonesia. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dan dapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.
   Untuk mempertahankan kokohnya integritas bangsa di era globalisasi ini, perlu segera dilakukan langkah-langkah strategis dalam rangka menumbuhkan kembali semangat nasionalisme tersebut pada masyarakat Indonesia, yaitu melalui:
a.    menggagas kembali makna nasionalisme;
b.    pembangunan yang merata dan berkeadilan;
c.   pendidikan yang mencerdaskan bangsa.
Semestinya kita sadar bahwa penyelesaian segala permasalahan bangsa ini harus dilakukan melalui penyelesaian kategoris, bukan penyelesaian politis, sehingga akan mampu memberikan solusi dan kita tidak akan terjatuh lagi dalam keadaan ironi, dimana pada satu sisi kita membangun bangsa, tapi pada sisi yang lain kita merubuhkan sendiri bangunan bangsa tersebut.




3.Merupakan penerapan dari pasal berapakah dari uud 45 ,uu no 9 tahun 1998 .uu no 3 tahn 2002, uu no 12 thn 2006 dan uu no 20 thn 2003 ,jelaskan analisis anda !

UU NO 9 TAHUN 1998
Bertitik tolak dari pendekatan perkembangan hukum, baik yang dilihat dari sisi kepentingan nasional maupun dari sisi kepentingan hubungan antar bangsa, maka kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum harus berlandaskan :
1. asas keseimbangan antara hak dan kewajiban
2. asas musyawarah dan mufakat
3. asas kepastian hukum dan keadilan
4. asas proporsionalitas
5. asas manfaat.
Kelima asas tersebut merupakan landasan kebebasan yang bertanggung jawab dalam berpikir dan bertindak untuk menyampaikan pendapat di muka umum.
Berlandaskan atas kelima asas kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum tersebut maka pelaksanaannya diharapkan dapat mencapai tujuan untuk : mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab sebagai salah satu hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 Sejalan dengan tujuan tersebut di atas rambu-rambu hukum harus memiliki karakteristik otonom, responsif dan mengurangi atau meninggalkan karakteristik yang represif.
Hal-hal di atas meerupakan penerapan dari pasal 4 uu no 9 tahun 1998

 

 

 

UU NO 3 TAHUN 2002

Pasal 2

Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

Pasal 3

(1) Pertahanan negara disusun berdasarkan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, serta prinsip hidup berdampingan secara damai.
(2) Pertahanan negara disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

 Pasal 4

Pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

Pasal 5

Pertahanan negara berfungsi untuk mewujudkan dan mempertahankan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan pertahanan.
pertahanan negara bertitik tolak pada falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia untuk menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila,uud 1945;untuk mencapai tujuan nasional yaitu untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial


UU NO 12 TAHUN 2006
. Warga Negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang- undangan.   . Pewarganegaraa yaitu tata cara bagi orang asing untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan. . Yang menjadi Warga Negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-undang sebagai warga negara.Kewarganegaraan Republik Indonesia hanya dapat diperoleh berdasarkan persyaratan yang ditemukan dalam Undang-undang ini.
Dalam uu ini di atur hak dan kewajiban warganegara .
UU NO 20 TAHUN 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Yang mana kita tahu itu tercantum dalam uuD 45 mencerdaskan kehidupan bangsa ,melalui media pendidikan ,
4menurut anda sudah tepatkah pemilihan konsep demokrasi untuk di kembangkan di indonesia menginggat indonesia ,merupakan negara dengan kemajemukan yang besar dari berbagi aspek ,
Dalam kondisi masyarakat Indonesia yang multikultur sudah ada pengakuan dan pengagungan pada perbedaan dan kemajemukan. Konsepsi Bhinnneka Tunggal Ika yang tertuang dalam dasar negara Pancasila jelas memberikan penghormatan pada kemajemukan itu serta toleransi terhadap perbedaan suku, budaya, ras, agama minoritas yang masing-masing memiliki hak hidup yang wajib dihormati.
Sebagai sebuah negara bangsa yang multikultur, sudah sejak awal Indonesia memiliki persoalan legitimasi kultural. Kesamaan status di antara daerah-daerah yang terlibat di dalam revolusi fisik membawa konsekuensi pada terciptanya hubungan kolegial antardaerah-daerah tersebut dan bukan hubungan superior-subordinat.
Oleh karena itu, tantangan bangsa Indonesia hingga kini adalah bagaimana mentransformasikan kesadaran baru kepada sebuah identitas nasional yang bisa diterima oleh semua komponen bangsa. Apabila proses pembentukan identitas, solidaritas sosial dan nasionalisme Indonesia terganggu, maka ketika itu pula semangat identitas dan loyalitas kebangsaan yang berbasiskan etnis yang disebut etno-nasionalisme muncul seperti berubah dan terbentuknya Provinsi Timor Timur menjadi negara Timor Leste.
Ada dua hal penting yang harus mendapatkan perhatian serius dengan kemajemukan bangsa ini. Pertama, berupaya untuk menghidupkan terus solidaritas emosional dalam bingkai kebangsaan. Ada rasa saling membutuhkan, menghargai dan mencintai sesama komponen bangsa, sehingga interaksi antaretnis, suku, budaya dan agama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Kedua, melaksanakan pembangunan bangsa dengan pengelolaan kehidupan bernegara yang bisa menumbuhkan solidaritas fungsional yaitu solidaritas yang didasarkan pada ikatan saling ketergantungan satu sama lain dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya.
Masyarakat indonesia terdiri dari berbagai macam kebudayaan ideologi dan latar belakang sejarah, dan stratifikasi sosial ekonomi yang berbeda. Hal itu tercermin pada struktur politik indonesia, Hanya saja di negara demokrasi seperti di indonesia, permasalahan pokok bagi demokrasi seringkali dibawa oleh perumbuhan ekonomi yang cepat. Sebab pertumbuhan ekonomi yang cepat itu sering tidak di sertai oleh perubahan nilai dan kehidupan budaya lainnya. Yang sudah tertanam disepanjang sejarah masyarakat indonesia.
Dikarenakan hubungan yang saling mempengaruhi antara kemajemukan masyarakat indonesia dengan struktur politik di indonesia maka akan lebih tepat bila faktor-faktor historis, kebudayaan serta diferensiasi dan stratifikasi sosial masyarakat indonesia lainnya bila diperhitungkan sebagai variabel bebas (mempengaruhi) dalam memahami hubungan antara aspek kemajemukan sosial dengan kemajemukan struktur politik di indonesia.



DAFTAR PUSTAKA

kaelan .dkk.2007.memaknai kembali pancasila. Badan penerbitan filsafat UGM ,yogyakarta
kencana,inu syafiie.dkk.2002. sistem pemerintahan indonesia.PT rineka cipta,jakarta